Rabu, 4 Oktober 2023

KPU Batang Hari Masih Fokus Teliti Berkas Bacaleg DPRD

- Senin, 12 Juni 2023 | 16:42 WIB

Gemalantang.com - Sebentar rakyat Indonesia kembali akan mengikuti pesta demokrasi 5 tahun sekali lewat jalur Pemilihan Umum (Pemilu).

Siapa saja punya hak untuk mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPRD/DPR-RI sepanjang mengikuti aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara untuk di Kabupaten Batang Hari, KPU Batang Hari tengah fokus fokus melakukan verifikasi berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Batang Hari.

Karena semua berkas Bacaleg DPRD Batang Hari haru teliti oleh KPU Batang Hari guna mengantisipasi terjadinya kecolongan terhadap Bacaleg yang masih berstatuskan Perangkat Desa, BPD maupun honorer atau menerima gaji dari APBD dan APBN.

Komisioner KPU Batang Hari ri Hasyim mengatakan, tahapan verifikasi berkas Bacaleg DPRD Batang Hari, saat ini masih dilakukan KPU Batang Hari.

“Saat ini kami masih melakukan tahapan verifikasi berkas Bacaleg DPRD hingga 23 Juni mendatang,” ungkapnya.

Bukan itu saja, pihak penyelenggara pun saat ini juga mulai mengantisipasi adanya Bacaleg berstatuskan Perangkat Desa, BPD maupun Honorer yang menerima gaji dari APBD atau APBN.



“Disini sebenarnya kami masih kesulitan mendeteksi Bacaleg yang bekerja di Pemerintahan Desa tersebut, dikarenakan tidak ada ditemukan lampiran pernyataan pekerjaan dari Bacaleg, sebab bagian verifikasi juga melihat dari status pekerjaan yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP),”Ujarnya.

Sementara itu, KPU sendiri tidak mau berdiam diri dan telah menyurati OPD terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, untuk membantu memverifikasi status Bacaleg yang diduga bekerja dengan menerima gaji dari APBD maupun APBN.

“Kami juga menghimbau, Kepada seluruh Partai Politik untuk dapat berperan serta memberi informasi apabila terdapat Bacaleg yang bekerja di instansi Pemerintah namun belum mengundurkan diri, demi kelancaran tahapan Pemilu, serta tidak merugikan peserta Pemilu dikemudian hari,” bebernya.

Sementara pantauan dilapangan, sejumlah Bacaleg mulai ramai mengunjungi masyarakat dengan berbagai kegiatan, hal ini guna menarik simpati untuk mendulang suara di Pemilu 2024 mendatang

Editor: Gema Lantang

Tags

Terkini

Ambil Sikap Berbeda, PKS Tolak Revisi UU IKN

Selasa, 3 Oktober 2023 | 20:15 WIB
X