Selasa, 26 September 2023

Terjadi di KPU Tanjab Timur, Yang Tak Ikut Tes CAT Kok Keluar Namanya Lulus

- Sabtu, 17 Desember 2022 | 15:02 WIB
Para peserta mengikuti tes CAT PPK Tanjab Timur
Para peserta mengikuti tes CAT PPK Tanjab Timur

Gemalantang.com - Sejumlah calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) mengikuti pelaksanaan computer assisted testl ( CAT ) dan wawancara sebanyak 16 orang peserta pada tanggal 6 - 7 Desember 2022.

Tes CAT ini berlangsung di SMPN 8 dan SMNK 1 Tanjab Timur yaitu sebanyak 75 soal dengan waktu 90 menit yang diberikan oleh pihak pelaksana dapat mereka kerjakan dengan baik.

Namun pada saat KPU Tanjab Timur mengumumkan nama-nama yang lulus, ada kejangalan dari nama-nama tesebut.

Menurut AS, tes CAT yang dilakukan oleh KPU Tanjab Timur di nilai tidak miliki integritas, karena ada nama-nama yang tidak ikut tes CAT terpampang namanya dan nyatakan lulus.

" Ini tampak ada permainan, masa' iya yang tidak ikut tes CAT bisa lulus, dengan yang ikut tes dan mantan PPK lagi tidak lulus," ungkap AS, Sabtu (17/12/2022).



Kata AS tidak ada satupun nama - nama peserta test PPK dari Kecamatan Mendahara yang lulus, padahal dari hasil CAT dan wawancara tersebut cukup tinggi, oleh sebab itu intergritas komosioner KPU Tanjab Timur kini dipertanyakan.

Dari hasil pengumuman hasil CAT dan wawancara yaitu sebanyak 16 orang peserta dengan nilai angka tertinggi diantaranya.

1. Abdul Samad 98

2. Syahnul Arifin 90

3. M.Syafi'i 89

4. Risna Ulan 84

5. Ambo Eleng 81

6. David Saputra 81

7. Abdul Aziz 79

8. Irawan Sunarta 78

9. Rosdian 75

10. R.Fahrizal 72

11. Robi Aspandi 70

12. Utama Fazal 68

13. Wiyono Aja 66

14. David 63

15 Hasbi 54

16. Nurhasanah 58

Kata AS, saat mengikuti test dan wawancara yang dilaksanakan kedua pada tanggal 11 - 13 Desember tepatnya di Hotel Ratu Residen yaitu terpilih 10 orang calon anggota PPK yang nantinya akan ditetapkan 5 dari 10 calon anggota PPK.

"Dari 10 nama calon anggota PPK ada dugaan kecurangan, terutama dalam penetapan calon anggota terpilih ditetapkan melalui formula kombinasi.

Dari hasil nilai tes CAT dan wawancara, malah sebaliknya tak satupun nama dari mantan anggota PPK Kecamatan Mendahara periode yang lalu yang lulus.

Terpisah peserta anggota PPK lainya berinisial WA, saat dikonfirmasi jurnalis ini menuturkan, sebanyak 16 peserta anggota PPK yang mengikuti tes CAT dan Wawancara yang diselenggarakan oleh KPU Tanjab Timur hingga kini menjadi pertanyaan para peserta

Dan KPU Tanjab Timur dinilaitidak profesional, padahal 75 soal dengan waktu 90 menit yang diberikan mampu diselesaikan, tapi kenyataannya tanpa ada pemberitahuan hasil, sehingga dari nama mantan anggota PPK Kecamatan Mendahara periode sebelumnya tak satupun dicantumkan.

"Kita berharap dari KPU Tanjab Timur ada kejelasan dan transparan kenapa mestinya harus ditutup - tutupi wajar kalau dari peserta anggota PPK merasa kecurigaan," pungkasnya.(Mul).

Editor: Gema Lantang

Terkini

X